Translate

Sunday, August 5, 2012

Semua Tentang PJJ


Mengapa
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diadakan atau menjadi pilihan itu dikarenakan saat ini kebanyakan orang menginginkan ilmu, gelar dan penyetaraan sosial. Namun kesempatan dan waktu tidak memungkinkan menerima semua itu apabila harus melakukan kuliah atau menerima ilmu dengan bertatap muka karena kepadatan waktu bekerja atau tempat tinggal yang terlalu jauh dari pusat pembelajaran (kampus, sekolah, pelatihan, dan lain-lain). Oleh karena itu, diadakanlah PJJ untuk mempermudah pencapaian suatu harapan dalam bidang pembelajaran. Waktu juga lebih bisa dimanfaatkan, biaya bisa diperkecil dan wawasan juga bisa menjadi lebih luas. Dengan satu syarat, apabila media yang berhubungan dengan pembelajaran tersebut ada di tempat kita berada, seperti : Internet, handphone dan media yang telah berkembang saat ini di wilayah terpencil sekalipun.
Pengertian
                Pembelajaran Jarak Jauh. Jelas akan terpikirkan bahwa sistem pembelajaran yang dipisahkan tempat. Untuk lebih spesifik lagi Pembelajaran Jarak Jauh adalah pembelajaran dimana kita bisa mendapatkan pelajaran tanpa harus bertatap muka, tanpa harus terikat waktu. Namun bukan berarti selama-lamanya tidak bertemu dengan instruktur, ada kalanya para peserta didik akan bertemu dengan instruktur untuk mendapatkan pengarahan bahkan sampai pembelajaran. Pembelajaran ini meliputi penerimaan materi, evaluasi bahkan sampai ujian.
Teori dan Filosofi
                Teori dan pemikiran dalam pendidikan jarak jauh tidak jauh berbeda dengan pendidikan tatap muka. Peserta didik diharapkan mampu membangun prinsip-prinsip sehingga peserta didik dapat berinteraksi dengan bahan pembelajarnnya. Kondisi yang mendekati dunia nyata dapat memotifasi peserta untuk mau belajar.
Karakteristik
                Proses pembelajaran jarak jauh tentunya memiliki karakteristik tersendiri dimana dapat digambarkan bahwa PJJ dapat berjalan dengan baik apabila terdapat beberapa komponen pendukung di dalamnya, seperti pengajar, berbagai macam media, serta terdapat peserta didik. Semua itu diharapkan bisa berjalan berdampingan agar dapat mencapai harapan dan target yang telah dibentuk. Adapun cakupan lain mengenai PJJ adalah sebagai berikut :
1.       Dalam proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik, tidak bertemu. Namun sesekali,   pengajar dan siswa akan bertemu untuk membahas materi ataupun tugas-tugas
2.       Dalam proses pembelajaran, antar pengajar dan peserta didik tidak melakukan tatap muka secara langsung, sehingga pembelajaran dapat di lakukan secara mandiri dan tidak terbatas oleh tempat
3.       Materi pembelajaran disampaikan melalui media pembelajaran, misalnya komputer beserta internetnya
4.       Materi pembelajaran dapat berupa video, modul dan cd
5. Materi pembelajaran disesuaikan dengan tingkatan peserta didik
6. Dan seorang siswa akan dituntut aktif dalam pengembangan pengetahuan dikarenakan PJJ ini bersifat mandiri
Prinsip
                Prinsip dalam pendidikan jarak jauh terbagi menjadi beberapa bagian utama :
1.       Kemandirian
2.       Keseimbangan atau keluwesan
3.       Keterkinian (up to date)
4.       Kesesuaian
5.       Mobilitas
Pembelajaran
                Pembelajaran dalam pendidikan jarak jauh biasanya mencakup teori-teori membangun dan berkualitas untuk peserta didik. Dapat disesuaikan dengan waktu, pemikiran, kesesuaian dan hal penting lainnya. Pembelajarannya juga telah dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Itulah untungnya pendidikan jarak jauh.

No comments:

Post a Comment